Tips dan Trik Merawat Mobil Agar Dana Aman

by -381 Views

Selain isi bahan bakar, Anda juga perlu melakukan perawatan rutin mobil Anda. Menurut riset, ternyata CAIRAN di mobil harus selalu dicek.

Jika Anda tertarik dengan dunia otomotif dan ingin banyak tahu mengenai mesin dan cara merawat mobil, maka Anda perlu membaca artikel dari Rental mobil jogja.

#1 Cek Cairan Penting Mobil!

Selain oli mesin dan air radiator, Anda juga perlu mengecek beberapa cairan mobil seperti:

  • Air aki harus dicek secara rutin (biasanya 2 minggu sekali) jika Anda menggunakan aki basah.
  • Minyak rem: pastikan berada di atas batas minimum. Jika mobil Anda kekurangan minyak rem dalam jumlah banyak, dapat menyebabkan kegagalan di sistem pengereman (rem blong). Minyak rem biasanya diganti setiap 50.000 km.
  • Air wiper: isi air wiper agar karet wiper tetap licin dan bekerja dengan baik. Jika karet wiper kering, maka akan mengakibatkan wiper dapat merusak kaca mobil.
  • Minyak power steering, sangat bermanfaat untuk power steering di mobil Anda. Oli power steering diganti setiap 20.000 km.
  • Oli gardan berfungsi untuk melumasi gardan yang bergesekan dengan komponen lainnya. Oli gardan perlu diganti setiap 10.000 km.
  • Oli transmisi matic dicek secara berkala (2 minggu sekali) dan ganti setelah mencapai 200.000 km.

#2 Cek Timing Belt, Busi, Lampu dan Signal

Dalam mobil selalu ada timing belt, busi, lampu dan signal-signal. Jika terjadi kegagalan fungsi (mall function), akan terdapat tanda-tanda yang menginformasikan.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan, kami sarankan lakukan penggantian sesuai dengan yang disarankan bengkel. Ketika mobil sedang masuk bengkel untuk perawatan (misal ganti oli), minta sekalian untuk pengecekan timing belt, busi, lampu dan signal-signal.

#3 Isi Air Radiator pakai Cairan Radiator atau Radiator Coolant

Salah satu komponen penting sebuah mobil adalah radiator. Seperti yang kita ketahui, radiator berfungsi sebagai pendingin suhu mesin. Jika Anda baru memiliki mobil, maka Anda harus sering-sering cek radiator.

Jangan sampai radiator Anda kekurangan air, karena dapat merusak mesin mobil. Isi cairan radiator dengan menggunakan cairan khusus (radiator coolant).  

#4 Selalu Panaskan Mobil, Cek Kondisi Ban dan Kelengkapan Mobil

Terakhir dan paling penting yaitu panaskan mesin mobil saat pagi hari, cek kondisi keempat ban dan kelengkapan-kelengkapan mobil. Disiplin dalam merawat mobil akan menyebabkan mobil lebih awet dan menghemat ongkos perbaikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.