Kemenhub Evakuasi Kapal Tanker MT Young Yong yang Kandas di Selat Singapura

by -266 Views
Kemenhub evakuasi kapal tanker yang kandas.

Kamis, 10 November 2022 – 21:24 WIB

VIVA Bisnis – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub melalui Kantor KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun dan Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban, hari ini, mengevakuasi Tanker MT Young Yong yang kandas di Selat Singapura. Kapal itu berada di dekat Pulau Takong Kecil, Kota Batam, Kepulauan Riau, sejak 27 Oktober 2022.

Kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Jon Kenedi menjabarkan, Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) KN Sarotama P-112 melakukan pengawalan dan pengamanan alur terhadap MT Young Yong yang sedang ditowing. Hingga, dapat berlabuh jangkar dengan aman dan selamat di perairan Anchorage Area Pulau Nipah, Kepulauan Riau.

“Dari awal kita sudah langsung melaksanakan aksi cepat mengerahkan kapal patroli ke lokasi kejadian,” ujar Jon dikutip dari keterangannya, Kamis, 10 November 2022.

Ilustrasi kapal kandas.

Ilustrasi kapal kandas.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Dia mengatakan, proses evakuasi MT Young Yong dilaksanakan di bawah koordinasi KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun yang pada saat kejadian langsung menerjunkan kapal patroli KNP. 366 ke lokasi. Muatan tanker tersebut juga telah dipindahkan. 

“Kami melakukan proses pemindahan muatan kapal tanker MT Young Yong berbendera Djibouti ini dengan segera untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan termasuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan laut,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Tanker MT Young Yong memiliki ukuran panjang 320,28 meter dan lebar 58 meter dengan muatan fuel oil sebanyak 284.429 ton.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.