Sejalan dengan perkembangan Teknologi berita serta Komunikasi itu sendiri pengertian e-learning bisa menjadi lebih luas yaitu pembelajaran yg pelaksanaannya didukung oleh jasa teknologi mirip video-audio, smartphone, personal komputer dan internet.
Robin Paul Ajjelo (Hariningsih, 2005: 36) juga mengemukakan secara ilustratif bahwa di masa-masa mendatang isi tas anak sekolah bukan lagi kitab -kitab serta indera tulis mirip sekarang ini, akan tetapi berupa:
a. komputer notebook dengan akses internet tanpa kabel, yg bermuatan materi-materi belajar yang berupa bahan bacaan, materi buat dipandang atau pada dengar, dan dilengkapi dengan kamera digital serta perekam suara.
b. Jam tangan yg dilengkapi dengan data pribadi, uang elektronik, kode security buat masuk tempat tinggal , kalkulator serta sebagainya.
c. Videophone bentuk saku menggunakan perangkat lunak, akses internet, permainan, musik, dan TV.
d. indera-indera musik.
e. alat-alat olahraga.
f. Bingkisan buat makan siang.
Hal itu membagikan bahwa tanda-tanda kelengkapan anak sekolah dimasa itu nanti berupa perlengkapan yang bernuansa Internet menjadi alat bantu belajar sebagai sebuah proses, teknologi pendidikan bersifat tak berbentuk. dalam hal ini teknologi pendidikan bisa dipahami menjadi sesuatu proses yang kompleks, serta terpadu yg melibatkan orang, mekanisme, wangsit, peralatan, serta organisasi buat menganalisis dilema, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan, melaksanakan, menilai serta mengelola pemecahan persoalan tersebut yg mencakup seluruh aspek belajar manusia, AECT (Munir, 2008: 211). Sejalan menggunakan hal tadi, maka lahirnya Teknologi Pendidikan yg mencuat waktu ini, mencakup pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, peningkatan mutu/kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan. pertarungan serius yg masih dirasakan oleh pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi adalah dilema kualitas eksklusif saja, ini dapat dipecahkan melalui pendekatan Teknologi Pendidikan.
Teknologi top jitu pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. pada aplikasi pembelajaran sehari-hari kita sering jumpai adanya pemfaatan asal perkembangan Teknologi dalam dunia pendidikan. Penerapan teknologi pada dalam aktivitas pembelajaran ditandai dengan hadirnya e-learning yang menggunakan semua variasi tingkatannya telah memfasilitasi perubahan pada pembelajaran yang disampaikan melalui semua media elektro mirip: audio/video, TV interaktif, compact disc (CD), dan internet (Jamun, 2016: 144). mirip yang sering dilakukan oleh pengajar atau dosen yaitu mengkombinasikan alat teknologi pada proses pembelajaran topjitu.