Kuasai 5 Hal Ini agar Karier Cemerlang di Usia Muda!

by -767 Views

Usia muda antara 20-30an adalah usia seseorang yang telah mencapai tingkat kematangan, baik kehidupan personalnya maupun kariernya. Sebab sebelum mencapai usia ini, seseorang telah diberikan kesempatan mencari jati diri, mencoba, gagal, dan berusaha bangkit kembali.

Karena pandangan itu juga, usia 20-an dikatakan sebagai tahap yang sangat penting karena seseorang harus memaksimalkan dirinya demi mencapai tujuannya. Tentunya hidup seseorang dipengaruhi banyak hal. 

Di bawah ini adalah beberapa hal dari daftar edctoto yang bisa Anda lakukan agar karier cemerlang!

1. Perbaiki Komunikasi

Anda tidak boleh menyepelekan pentingnya komunikasi saat sedang menjalani karier. Tak peduli Anda berstatus sebagai bawahan ataupun atasan. Pertama, Anda harus belajar mengenai cara menyampaikan pendapat yang benar tanpa menyinggung lawan bicara. Misalnya, pada suatu rapat, Anda memiliki ide yang tampaknya cukup baik. Hindari diri Anda untuk langsung memotong pembicaraan atau ide yang tengah disampaikan rekan Anda.

Selanjutnya, dalam komunikasi, Anda pun harus mampu menjadi pendengar yang baik bagi atasan dan kolega kerja. Sebisa mungkin cobalah untuk tidak memulai atau ikut campur atau terlibat gosip di tempat kerja. Selain tidak sopan, gosip merupakan sumber masalah yang bisa memicu terjadinya konflik dalam hubungan kerja. Tentu Anda tidak ingin masuk ke dalam pusaran konflik di tempat kerja.

2. Latih Leadership

Mempunyai keahlian sebagai pemimpin yang andal termasuk bagian penting dalam pengembangan karier Anda. Tidak menutup kemungkinan suatu hari Anda diberikan kepercayaan untuk memimpin sebuah tim. Tanpa leadership yang efektif, pertama, Anda tidak dapat mengatur kinerja tim. Kedua, Anda pun tidak mampu mengeluarkan potensi terbaik dari para pegawai.

Dari tahap karier yang sekarang, Anda sebenarnya sudah dapat melatih skill kepemimpinan. Mulailah dari rapat antara sesama pegawai. Kewajiban Anda sebagai pemimpin rapat sangat diperlukan agar rapat berjalan dengan nyaman dan efektif.

Contohnya, Anda dapat memulai dan mengakhiri meeting secara tepat waktu, memberikan setiap orang kesempatan yang sama untuk menyampaikan pendapat mereka, dan sebagainya.

3. Perbanyak Relasi

Relasi atau networking adalah salah satu kunci utama kelangsungan karier. Dengan networking, Anda akan menemui profesional dari segala bidang dan jabatan. Di samping itu, Anda bisa meminta bantuan dari relasi bila ada masalah dalam pekerjaan.

Anda pun akan menambah pengalaman dengan belajar dari apa yang telah mereka lewati. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengikuti setiap pertemuan yang diadakan perusahaan Anda atau perusahaan lain yang sesuai dengan bidang karier Anda.

Relasi juga dapat terjadi ketika Anda mencari teman. Carilah teman-teman yang memiliki jabatan tinggi, seperti eksekutif. Ini bukan berarti pilih-pilih teman, melainkan Anda membuka peluang bagi orang-orang tersebut untuk menjadi mentor ataupun sponsor.

No More Posts Available.

No more pages to load.