Tito Karnavian Wanti-wanti Pemda Kendalikan Inflasi dampak Perang Rusia-Ukraina dan Musim Dingin

by -5822 Views
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian usai Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa, 30 Agustus 2022.

Senin, 19 Desember 2022 – 17:03 WIB

VIVA Politik – Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menekankan kepada pemerintah daerah tentang pentingnya mengintensifkan langkah-langkah pengendalian inflasi di tengah situasi ketidakpastian global dan jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Melihat situasi global juga Natal dan tahun baru di seluruh dunia termasuk Indonesia, justru perlu makin mengintensifkan monitoring dan langkah-langkah mengendalikan inflasi, secara nasional dikoordinasi pemerintah pusat. Namun, di daerah juga perlu mengendalikan (inflasi) di daerah masing-masing,” kata Tito di Jakarta, Senin, 19 Desember 2022.
 
Dia mengingatkan, ketidakpastian global yang salah satunya dipicu oleh ketegangan antara Rusia dan Ukraina berdampak multidimensi, termasuk ekonomi dan keuangan dunia.

Ilustrasi inflasi.

Ilustrasi inflasi.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

 
Apalagi di belahan bumi bagian utara saat ini tengah dilanda musim dingin yang mengakibatkan kenaikan permintaan energi yang memicu kenaikan harga.

“Kenaikan harga di bidang energi itu akan dapat memicu kenaikan-kenaikan harga barang lainnya, energi salah satunya bahan bakar minyak misalnya, dan gas,” jelasnya.

Selain itu, potensi adanya inflasi menjelang Natal dan tahun baru diakibatkan naiknya permintaan terhadap barang dan jasa. “Natal dan Tahun Baru akan menaikkan permintaan, permintaan terhadap barang dan jasa termasuk pangan,” katanya.

Pedagang pasar tradisional menunjukan dagangan minyak goreng (Foto ilustrasi).

Pedagang pasar tradisional menunjukan dagangan minyak goreng (Foto ilustrasi).

Photo :

  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.