Tahun 2023 Tak Ada Lagi Isu Penundaan Pemilu, Kata Ketua Bawaslu

by -2815 Views
Konferensi pers mengenai hasil pemantauan Bawaslu RI terhadap tahapan pendaftaran dan verifikasi administrasi serta verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu 2024, di Media Center Bawaslu RI, Jakarta, Kamis, 15 Desember 2022.

Kamis, 5 Januari 2023 – 22:53 WIB

VIVA Politik – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI agar membuka seluruh proses tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 kepada masyarakat.

“Catatan kritis kami, kami tetap, pertama kali, mengingatkan KPU agar membuka seluruh proses tahapan penyelenggara pemilu dengan baik kepada masyarakat,” ujar Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja dalam diskusi media bertajuk “Catatan Kinerja Pengawasan Pemilu Tahun 2022 dan Proyeksi Tahun 2023” di Media Center Bawaslu RI, Jakarta, Kamis, 5 Januari 2023.

Dengan demikian, kata Bagja, masyarakat mengetahui bahwa setiap tahapan pemilu itu dilaksanakan dengan baik oleh KPU sehingga isu penundaan Pemilu 2024 pun dapat diredam.

Ilustrasi pemungutan suara saat pemilu.

Ilustrasi pemungutan suara saat pemilu.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Keterbukaan tersebut, katanya, dapat diterapkan oleh KPU RI dalam beberapa tahapan pemilu yang sedang berlangsung saat ini, di antaranya, pencalonan anggota DPD RI dan pemutakhiran data pemilih.

“Apa itu (yang perlu dibuka pada masyarakat)? Tadi, pencalonan anggota DPD dan pemutakhiran data pemilih sekarang juga sudah dimulai. Oleh karena itu, saya kira secara bersama-sama, baik KPU maupun Bawaslu, sedang melakukan penyelenggaraan pemilu pada saat ini. Jadi, tidak ada kemudian isu penundaan pemilu,” kata Bagja.

Halaman Selanjutnya

Ia menambahkan isu penundaan pemilu tahun 2024 yang ramai dibicarakan oleh berbagai pihak pada tahun 2022 tidak boleh terjadi kembali di tahun 2023.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.