Relawan Banten Gelar Musra, Bakal Sodorkan 5 Nama Capres ke Jokowi

by -774 Views
Relawan Jokowi gelar Musra di Banten

Sabtu, 19 November 2022 – 07:45 WIB

VIVA Politik – Sebanyak 18 organisasi relawan Jokowi akan menggelar jajak pendapat melalui Musyawarah Rakyat (Musra), untuk menentukan figur Capres dan Cawapres 2024 mendatang. Setidaknya ada tiga hal yang akan dibahas pada Minggu, 20 November 2022 mendatang, di Plaza Aspirasi, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang.

“Hasil musra akan kita sampaikan ke Presiden di Jakarta. Sekitar 5 besar nama capres cawapres,” umat Ketua Umum (Ketum) Koordinator Nasional (Kornas) Jokowi, Abdul Havid Permana, di Kota Serang, Banten, Jumat, 18 November 2022.

Ada tiga hal akan dibahas oleh peserta Musra yang diklaim akan diikuti ribuan masyarakat Banten, yakni program prioritas harapan rakyat, karakteristik pemimpin harapan rakyat, serta nama capres dan cawapres.

 Relawan Muda Tim 7 pendukung Jokowi.

Relawan Muda Tim 7 pendukung Jokowi.

Abdul Havid Permana berujar, siapapun bisa ikut dalam Musra Ke VII, asalkan mereka mengakui Pancasila sebagai dasar negara, setia kepada NKRI, tidak menggunakan atribut partai ataupun capres cawapres serta sudah punya hak memilih.

“Pada prinsipnya, musyawarah rakyat, kita hanya fasilitator menyerap suara rakyat. Kita undang seluruh masyarakat Banten yang punya keinginan untuk berpartisipasi politik langsung, dalam menyuarakannya kedepan,” terangnya.

Ketika disinggung mengenai sinyal yang diberikan kepada Ganjar Pranowo saat bertemu relawan Jokowi di Magelang, Jawa Tengah. Kemudian ke Erick Tohir dan terbaru ke Prabowo Subianto dengan ucapan 2024 adalah miliknya, para relawan enggan menanggapi lebih lanjut. 

Havid yang juga menjabat koordinator panitia Musra Banten itu berujar kalau, relawan tidak memiliki hak untuk mengusung capres cawapres. Karena hanya bisa dilakukan oleh partai politik (parpol).

“Itu sah-sah aja, mau sinyal ke Erick, Ganjar, Prabowo. Kalau kita bilang, Jokowi tidak mau menjatuhkan (salah satu pihak). Karena setiap orang punyak hak untuk dipilih dan memilih. Kalau usung mengusung bukan tugas relawan, yang mengusung partai,” jelasnya.

Loyal ke Jokowi

Relawan Jokowi mengaku akan setia kepada Presiden hingga akhir masa jabatannya di 2024. Setelah Jokowi lengser dari kepala negara, mereka belum menentukan sikap akan mendukung siapa.

“Kalau kita, sampai saat ini belum tahu juga. Relawan banyak juga bukan anggota partai, jadi sah aja dia mau kemana, (atau) sesuai instruksi (Jokowi),” ujar Havid

Moeldoko di Tengah Relawan Jokowi di Pati Jawa Tengah

Moeldoko di Tengah Relawan Jokowi di Pati Jawa Tengah

Oleh karenanya, sebelum habis masa jabatannya sebagai Presiden, para relawan Jokowi kini sedang menggelar Musyawarah Rakyat (Musra). Menurutnya, sudah ada enam gelaran Musra di Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Sedangkan Banten, akan digelar Minggu, 20 November 2022, pukul 13.00 wib, di Plasa Aspirasi, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

“Kita (relawan) bersepakat musra ini dijadikan kita memfasilitasi menyerap suara rakyat. Sampai saat ini kita belum menentukan arahnya kemana. Pak presiden ini kan dewan pembinanya relawan, sampai saat ini kita Ojo Kesusu,” terangnya. 

Dari enam Musra yang telah terselenggara, penentuan jajak pendapat dilakukan secara online. Nantinya peserta akan diberi kertas berisikan scan barcode. Kemudian ada survei yang dilakukan secara online.
“Dari enam (Musra), yang baru ada hasil 5 musra, yang ke enam nanti mau di gabung bareng Banten (pengumumannya),” jelasnya.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.