Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad Dikukuhkan Sebagai Profesor Ilmu Hukum

by -930 Views
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dikukuhkan jadi Guru Besar Ilmu Hukum.

Kamis, 1 Desember 2022 – 18:42 WIB

VIVA Politik – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Pakuan, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 1 Desember 2022. Pengukuhan ini disaksikan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto hingga Ketua DPR RI Puan Maharani.

Dalam prosesi pengukuhannya, Dasco menyampaikan orasi ilmiahnya berjudul ‘Pemilu Demokratis dan Bermartabat dalam Bingkai Semangat Kedaulatan Rakyat’. Politikus Partai Gerindra itu menyampaikan pemilu merupakan puncak pesta demokrasi yang menjadi kedaulatan rakyat. Kata dia, rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam negara demokrasi.

“Rakyatlah yang menentukan corak dan cara pemerintahan diselenggarakan. Rakyatlah pula yang menentukan tujuan yang hendak dicapai oleh negara dan pemerintahannya itu,” kata Dasco dalam orasinya di Sentul International Convention Centre (SICC), Sentul, Jawa Barat, Kamis, 1 Desember 2022.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco (tengah) dikukuhkan jadi Guru Besar Ilmu Hukum.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco (tengah) dikukuhkan jadi Guru Besar Ilmu Hukum.

Dia mengatakan jaminan dan perlindungan terhadap hak dan kebebasan warga negara sebagai pemilih dalam pemilu. Ia menekankan kedaulatan rakyat merupakan pilar utama demokrasi. 

“Sesuai prinsip kedaulatan rakyat, maka seluruh aspek penyelenggaraan pemilihan umum harus dikembalikan kepada rakyat untuk menentukannya,” ujar Dasco.

Pun, Prabowo sempat memberikan pesan kepada Dasco. Menteri Pertahanan itu meminta Dasco agar tetap amanat mengemban jabatannya sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum. Dia menyebut Dasco sebagai kawan perjuangan.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.