Masih Jadi Tanda Tanya Besar

by -4835 Views
Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Sabtu, 31 Desember 2022 – 05:58 WIB

VIVA Politik – Presiden DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menyoroti sejumlah kasus pelanggaran HAM dan penegakan hukum yang terjadi selama 2022. Syaikhu mengkritik pengusutan pelanggaran HAM masih tanda tanya besar.

“Sepanjang 2022, pengusutan terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi, baik pelanggaran HAM masa lalu maupun yang baru, masih menjadi tanda-tanya besar kapan akan menemui ujungnya,” kata Syaihu dalam pidato politiknya secara virtual, yang dikutip pada Sabtu, 31 Desember 2022.

Menurut dia, negara masih terkesan setengah hati, membiarkan pengusutan berbagai kasus pelanggaran HAM berlarut-larut. Syaikhu juga menyinggung beberapa kasus pelanggaran HAM yang terjadi di antaranya penolakan warga Desa Wadas atas pembukaan tambang Andesit.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Ia menyinggung aksi aparat terhadap warga Wadas yang  represif terhadap warga setempat.

“Masih segar dalam ingatan kita pada dua peristiwa yang menunjukkan oknum aparat keamanan menggunakan kekuatan yang tidak perlu dan berlebihan serta berpotensi melanggar HAM, yaitu peristiwa di Desa Wadas pada Februari 2022,” kata Syaikhu.

Dia heran dengan aksi penolakan warga atas pembukaan lahan tambang andesit yang berujung perlakuan represif.

Halaman Selanjutnya

“Menemukan temuan adanya tindakan kekerasan, penangkapan dan penggunaan kekuatan yang berlebihan dari oknum aparat kepolisian,” ujarnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.