Kuasai Wasitnya, Singkirkan Pemain Lawan

by -123 Views
Ilustrasi Anies Baswedan saat di Medan, Sumatera Utara.

Selasa, 3 Januari 2023 – 11:45 WIB

VIVA Politik – Bakal capres dari Nasdem Anies Baswedan menulis ulasan film The Edge of Democrazy (2019) melalui cuitan utasan di akun media sosialnya. Anies menyinggung film itu soal erosi dan pelemahan demokrasi.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengaku menonton film dokumenter tersebut bersama putranya Mikail Azizi. Dia mengatakan film itu dibuat Petra Costa, sineas perempuan milenial dari Brasil.

Menurut dia, film itu bercerita tentang erosi demokrasi dan perjalanan politik Lula da Silva sebagai Presiden Brasil. Di film tersebut juga menceritakan upaya penyingkiran Lula da Silva melalui pengadilan yang kontroversial atas tuduhan korupsi.

Walau pada 2021 Mahkamah Agung membatalkan hukumannya. Kejatuhan Lula dan erosi demokrasi di Brazil membuka jalan bagi Jair Bolsonaro,” tulis Anies di akun Twitternya, @aniesbaswedan dikutip VIVA, Selasa, 3 Januari 2022.

Safari politik Anies Baswedan bersama Partai Nasdem.

Safari politik Anies Baswedan bersama Partai Nasdem.

Pun, Anies mengatakan dengan menonton dokumenter tersebut juga mengingatkan pada buku How Democracies Die. Ia bilang ada tiga tahap untuk melemahkan demokrasi secara perlahan dan tak disadari.

Pertama, “kuasai wasitnya”. Ganti para pemegang kekuasaan di lembaga negara netral dengan pendukung status quo,” lanjut cuitan Anies.

Halaman Selanjutnya

Anies menambahkan tahap kedua yakni menyingkirkan pemain lawan. Cara itu dengan upaya kriminalisasi, suap, atau skandal. Lalu, ketiga mengganti aturan mainnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.