KPU Dikritik Lempar Wacana Proporsional Tertutup Tanpa Koordinasi dengan DPR

by -119 Views
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dan para komisioner KPU

Selasa, 3 Januari 2023 – 10:27 WIB

VIVA Politik РPelaksanaan Pemilu 2024 diharapkan tetap menggunakan sistem proporsional terbuka. Sistem itu dinilai sebagai bentuk kemajuan demokrasi lantaran terkait pilihan rakyat 

Demikian disampaikan Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Golkar Andi Rio Idris Padjalangi. Dia pun menyesalkan pernyataan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari yang menyampaikan kemungkinan Pemilu 2024 kembali menerapkan sistem proporsional tertutup.

Menurut dia, KPU mestinya bisa lakukan komunikasi terlebih dahulu kepada DPR. Bukan sebaliknya, melempar omongan di publik tanpa pertimbangan dan rapat dengan DPR.

“KPU terkesan memiliki kewenangan penuh untuk menentukan pemilu dan tidak lagi mendengar DPR. Ini menjadi hal yang aneh dan merusak sistem ketatanegaraan,” kata Andi Rio dikutip dari Antara, Selasa, 3 Januari 2022.

Pemilu Ulang di TPS Wilayah Tangerang Selatan

Pemilu Ulang di TPS Wilayah Tangerang Selatan

Dia menekankan, jika kembali menggunakan sistem proporsional tertutup maka sama saja mengalami kemunduran.

“Jika diberlakukan proporsional tertutup maka demokrasi kita mengalami kemunduran dan tidak mewakili apa yang menjadi suara rakyat untuk mengusung keterwakilannya di daerah pemilihan,” tutur Andi.

Halaman Selanjutnya

Dia menyampaikan sistem proporsional terbuka banyak memiliki kelebihan terhadap calon anggota legislatif (caleg). Sistem itu akan membuat caleg isa bertatap muka dan interaksi dengan masyarakat.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.