Keputusan Musra, Menurut Pengamat Representatif Jokowi Bukan Partai

by -64 Views
Musyawarah Rakyat (Musra) Gabungan Relawan Jokowi

Rabu, 10 Mei 2023 – 11:04 WIB

VIVA Politik – Musyawarah Rakyat atau Musra Relawan Jokowi, yang telah dilakukan di berbagai daerah dan puncaknya akan diumumkan akhir pekan ini, diyakini sebagai representasi dari Jokowi.

Menurut Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rifan, bahwa keputusan tersebut adalah sebagai representasi Jokowi, bukan dari partai politik apalagi PDIP. 

“Musra itu representasi Jokowi. Biasanya pesan politik Jokowi itu disampaikan oleh para relawan baik Projo atau yang lain, termasuk dukungan capres dan cawapres,” kata Ali Rifan, dikutip Rabu 10 Mei 2023.

Musra adalah kumpulan para relawan Jokowi, yang menjaring nama-nama untuk pemimpin Indonesia, ke berbagai daerah. Setidaknya ada 3 bakal capres dan bakal cawapres 2024 yang akan diajukan.

Untuk capres versi musra seperti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ganjar Pranowo yang kini resmi diusung oleh PDIP, dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Adapun untuk cawapres, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Kepala Staff Presiden Moeldoko, dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arsyad Rasyid.

Dia menjelaskan, untuk capres sudah berhenti pada 3 nama yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan juga Anies Baswedan. Namun yang menarik, dia melihat adalah bagaimana nanti memilih bakal cawapres.

Halaman Selanjutnya

“Yang menarik lagi dari tiga nama itu tidak ada yang dominan secara statistik. Nah variabel cawapres itu sangat menentukan,” jelasnya.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.