Kalau Tak Kenal Gus Dur, Saya akan Daftar Masuk FPI

by -218 Views
Ketum PBNU Gus Yahya Cholil Staquf

Minggu, 18 Desember 2022 – 15:35 WIB

VIVA Politik – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengungkapkan kenangannya terkait peran Presiden ke-4 RI almarhum Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Dia mengatakan Gus Dur punya peran mengubah pola pikir orang-orang NU secara keseluruhan.

Gus Yahya mengatakan sangat merasakan hal itu. Bahkan, ia mengaku mungkin sudah mendaftar organisasi Front Pembela Islam (FPI) jika tak mengenal Gus Dur.

Begitu kenang Gus Yahya saat menyampaikan pidato di acara Haul ke-13 Gus Dur di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu malam, 17 Desember 2022.

“Saya sendiri dari generasi yang merasakan betul pola-pola pikir saya berubah karena mengenal Gus Dur. Saya ini, kalau tidak kenal Gus dan waktu itu sudah ada FPI, saya kira saya akan mendaftar FPI waktu itu, kayaknya. Saya berubah karena mengenal Gus Dur,” kata Gus Yahya.

Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya)

Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya)

Menurut dia, generasi-generasi NU yang ada saat inibanyak mengalami transformasi pola pikir lantaran karya pembaharuan Gus Dur.

Dengan nada kelakar, Gus Yahya juga menyinggung Sekretaris Jenderal PBNU H Saifullah Yusuf alias Gus Ipul yang sebenarnya radikal. Namun, juga mengalami pola pikir berubah karena Gus Dur.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.