Jokowi Bantah Intervensi KPU Dalam Verifikasi Faktual Parpol

by -244 Views
Presiden RI Jokowi di acara Konsolidasi Nasional Bawaslu RI

Rabu, 21 Desember 2022 – 17:43 WIB

VIVA Politik – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah adanya tudingan bahwa Istana melakukan intervensi kepada Komisi Pemilihan Umun (KPU) RI dalam menetukan lolos atau tidaknya suatu partai politik. Hal itu disampaikan oleh Jokowi saat menyampaikan sambutannya di acara peringatan HUT ke 16 Partai Hanura.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengucapkan selamat kepada Hanura karena telah berhasil lolos dalam verifikas parpol di KPU RI. Namun Jokowi mengungkapkan yang saat ini menjadi ramai adalah adanya partai yang tak lolos verifikasi di KPU namun kemudian menuduh Istana ikut campur dalam hal tersebut.

“Tapi repotnya, ini repotnya urusan lolos dan tidaknya peserta Pemilu tahun 2024 itu kan sebetulnya urusannya KPU, urusannya KPU itu, tapi yang dituduh-tuduh karena tidak lolos, langsung tunjuk-tunjuk, itu istana ikut campur, kekuatan besar ikut campur, kekuatan besar intervensi,” kata Jokowi, di Jakarta Convention Center, Rabu 21 Desember 2022.

Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum)

Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum)

Jokowi mengatakan, bahwa dirinya tak pernah mencampuri apa yang menjadi kewenangan KPU RI. Penentuan Parpol yang lolos ataupun todak lolos, otu sepenuhnya urusan KPU RI dan tidak ada satu pihakpun yang melakukan intervensi atau memengaruhi KPU dalam mengambil keputusan.

“Saya itu nggak ngerti apa-apa masalah ini, ini kan total 100% urusan KPU, bukan urusan siapa-siapa,” kata Jokowi

Dia meyakini bahwa KPU telah bersikap independen dalam menjalankan tugasnya. “KPU itu independen, jadi nggak bisa yang namanya kita itu ikut-ikutan, mengintervensi apalagi. Ndak ada,” ujar Jokowi

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.