Inisiatif Jokowi Konsolidasi Sisa Kekuasaan Itu Top dan Harus Dipuji

by -332 Views
Fahri Hamzah, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia

Minggu, 9 April 2023 – 14:04 WIB

VIVA Politik – Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah memuji langkah Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam melakukan upaya rekonsiliasi dan konsolidasi dinamika politik. Menurut dia, jika elite bersatu saat situasi krisis saat ini, maka akan banyak manfaatnya. 

“Tapi, sebenarnya upaya rekonsiliasi dan konsolidasi elite itu sudah dilakukan Pak Jokowi sebelum adanya Covid-19,” kata Fahri, Minggu, 9 April 2023.

Dia menyinggung, upaya rekonsiliasi sudah dilakukan Jokowi saat merevisi Perubahan Ketiga atas Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD pada 2019 yang kemudian menjadi UU Nomor 13 Tahun 2019.

“Waktu kita merevisi Undang-undang MD3, terakhir itu 2019. Presiden meminta supaya semua partai dapat kursi pimpinan DPR/MPR. Dan, benar itu akhirnya terjadi,” kata Fahri.

Fahri menyampaikan jika merujuk UU MD3 yang lama, maka tak semua partai dapat kursi pimpinan MPR. Sebab, UU yang lama hanya mengatur parpol yang masuk 5 besar saja bisa mendapatkan kursi pimpinan MPR.

Namun, setelah direvisi, menurut dia, akhirnya semua parpol dapat kursi Pimpinan MPR, termasuk PKS dan Demokrat yang menjadi oposisi.

“Terakhir itu, Presiden bilang kita mau masuk rekonsilisiasi, semua partai kasih pimpinan, dan dapat semua. PKS dapat, ada Hidayat Nur Wahid, Demokrat dapat ada Syarief Hasan, bahkan Arsul Sani dari PPP saja dapat, tentu juga ada DPD di situ,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Dengan demikian, menurut Fahri, Jokowi sudah melakukan rekonsiliasi dan konsolidasi elite sebelum ada COVID-19. 

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.