Hakim Dilarang Buka ke Siapapun, Apalagi ke yang Gatal Bergosip

by -233 Views
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.

Kamis, 5 Januari 2023 – 18:30 WIB

VIVA Politik – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni, meminta Wahyu Imam Santoso, Ketua Majelis Hakim kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, tidak sembarangan menceritakan perkara yang ditanganinya kepada siapa pun.

Hal ini menanggapi beredarnya video diduga Hakim Wahyu, yang sedang curhat soal kasus Ferdy Sambo kepada seorang wanita, di media sosial. Namun, wanita yang menjadi teman diskusi diduga Hakim Wahyu ini masih misterius.

“Hakim dilarang membuka kepada siapa pun, apalagi ini ke orang yang ‘gatal’ bergosip. Jangan comberan aja, sebagai hakim harus independen,” kata Sahroni, saat dihubungi wartawan pada Kamis, 5 Januari 2023.

Menurut politisi Partai Nasdem itu, video yang beredar diduga Hakim Wahyu itu sungguh mencoreng nama baik institusi kehakiman. Bahkan, kata dia, hal tersebut sangat membahayakan marwah hukum di Indonesia jika memang benar yang dalam video itu Hakim Wahyu.

“Hal ini jelas sangat memalukan, mencoreng nama baik institusi kehakiman, dan membahayakan marwah hukum Indonesia. Apapun isinya, apapun yang berkaitan dengan kasus yang sedang ditangani, hakim dilarang membuka kepada siapa pun,” ujar Bendahara Umum Partai Nasdem tersebut.

Oleh karena itu, Sahroni meminta kepada Komisi Yudisial (KY) dan Mahkamah Agung (MA) segera bergerak untuk menindaklanjuti video yang beredar itu. Tentu, kata dia, tetap menjaga independensi hakim yang sedang menangani perkara tersebut.

“Ini harus diinvestigasi, ditindak, dan diambil keputusan yang tepat. Apakah teguran, penggantian, atau sanksi. KY harus mengusut video tersebut sesegera mungkin,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya

Video diunggah oleh akun TikTok @pencerahkasus, dimana terlihat ada seorang pria diduga Hakim Wahyu memakai baju batik lengan panjang hitam, celana abu-abu dan sepatu hitam sedang duduk di sofa warna putih gading. Tampak, diduga Hakim Wahyu lagi menerima telepon.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.