Dua Kubu Berseteru Keraton Surakarta Akhirnya Bertemu dan Bersepakat Akhiri Konflik

by -1178 Views
Dua kubu yang berseteru dalam koflik internal Keraton Kasunanan Surakarta antara kubu Lembaga Dewan Adat dan Sinuhun Paku Buwono XIII Hangabehi akhirnya bertemu dan kedua pihak bersepakat untuk berdamai dan mengakhiri konflik.

Selasa, 3 Januari 2023 – 21:14 WIB

VIVA Politik – Dua kubu yang berseteru dalam koflik internal Keraton Kasunanan Surakarta antara kubu Lembaga Dewan Adat dan Sinuhun Paku Buwono XIII Hangabehi akhirnya bertemu. Kedua belah pihak bersepakat untuk berdamai dan mengakhiri konflik yang terjadi selama ini.

Momen pertemuan langka antara dua kubu yang selama ini terlibat konflik di lingkungan Keraton Kasunanan Surakarta itu terjadi di Sasana Narendra di dalam kompleks Keraton. Selain Raja Paku Buwono XIII Hangabehi dan permaisuri, dalam pertemuan itu kubu Lembaga Dewan Adat diwakili GKR Wandansari Koes Moertiyah.

Kedua kubu berhasil dimediasi oleh salah satu cucu gubernur pertama Jawa Tengah Raden Pandji Suroso, yakni Hernny, pada Selasa sore, 3 Januari 2023.

Dua kubu yang berseteru dalam koflik internal Keraton Kasunanan Surakarta antara

Dua kubu yang berseteru dalam koflik internal Keraton Kasunanan Surakarta antara

GKR Wandansari Koes Moertiyah mengaku lega karena pertemuan dengan Sinuhun Paku Buwono XIII Hangabehi yang selama ini ditunggu-tunggu akhirnya terwujud. Pertemuan dengan Raja Keraton Kasunanan Surakarta yang merupakan kakak kandungnya itu terjadi berkat bantuan dari Hernny yang menjadi mediator.

“Tadi pertemuan sekitar jam 15.30 WIB. Saya dan Mbak Hernny masuk ke Sasana Narendra untuk bertemu dengan Kangmas Sinuhun. Kalau selama ini dianggap berseberangan terus, ini tadi sudah mencapai kesepakatan,” kata GKR Wandansari Koes Moertiyah alias Gusti Moeng di kompleks Keraton Kasunanan Surakarta, Selasa.

Halaman Selanjutnya

Wasiat Paku Buwono XII

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.