Data Desa Presisi Penting untuk Pembangunan Daerah

by -864 Views
Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka

Kamis, 1 Desember 2022 – 21:54 WIB

VIVA Politik – Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Rieke Diah Pitaloka kembali bicara pentingnya Peraturan Pemerintah atau PP tentang penyelenggaraan pemerintah daerah berbasis data desa presisi. Rieke mengatakan data desa presisi penting untuk pembangunan daerah.

Dia menyampaikan demikian saat kuliah umum dengan tema ‘Urgensi Produk Hukum untuk Melahirkan Data Negara yang Presisi’ di Fakultas Hukum Universitas Mataram (Unram), Nusa Tenggara Barat. Anggota DPR itu mengatakan, data berbasis desa penting agar pembangunan pembangunan daerah dilakukan secara terencana, terukur dan tepat sasaran.

Maka itu, Rieke berkolaborasi bersama birokrat di berbagai kementerian/lembaga, mendorong PP tentang data desa presisi. Ia yakin Presiden Joko Widodo setuju dengan usulan tersebut. “Sebab, pembangunan Indonesia hanya akan berhasil jika dimulai dari desa/kelurahan,” kata Rieke, dalam keterangannya, Kamis, 1 Desember 2022.

Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka

Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka

Menurut dia, keberhasilan pemimpin nasional juga tak luput dari cita-citanya tentang satu data Indonesia. Untuk mendukung itu, Rieke menekankan, sudah seharusnya berbasis pada data desa presisi bisa diimplementasikan agar dihasilkan pembangunan yang akurat dan aktual. 

“Itulah karya seni, legacy (warisan) terbesar seorang pemimpin. Saya yakin, Yang Mulia Bapak Presiden pun mendedikasikan kepemimpinannya untuk karya seni tersebut,” ujarnya. 

Dalam kuliah umum tersebut, hadir juga para dosen, mahasiswa S1, S2, S3. Lalu, penggagas Data Desa Presisi  yang juga Wakil Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Institut Pertanian Bogor atau IPB, Sofyan Sjaf, Rektor Universitas Mataram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, dan juga Guru Besar Hukum Tata Negara Prof Galang Asmara.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.