Bebas, Eks Ketum Partai Demokrat Anas Urbaningrum Kembali Singgung Nabok Nyilih Tangan

by -370 Views
Mantan Ketum Demokrat Anas Urbaningrum bebas dari Lapas Sukamiskin.

Selasa, 11 April 2023 – 17:37 WIB

VIVA Politik – Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, resmi menghirup udara bebas dari Lapas Sukamiskin, Jawa Barat pada Selasa, 11 April 2023. 

Dalam pidatonya, Anas Urbaningrum kembali menyinggung istilah ‘nabok nyilih tangan’ (memukul orang lain dengan menggunakan tangan orang lain). Istilah ini sempat digaungkan Anas beberapa saat sebelum ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 2013 lalu. Saat itu ia memang kerap mengeluarkan sindiran-sindiran seperti ‘politik para sengkuni’, ditengah upaya mendongkelnya dari jabatan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat saat itu.

Setelah keluar Lapas Sukamiskin, Anas mengatakan tradisi para aktivis bahwa pertandingan atau kompetisi itu merupakan hal biasa. Karena, kata dia, para aktivis itu diajarkan sejak kecil. Akan tetapi, pertandingan dalam konteks demokrasi pertandingan yang jujur, fair, terbuka dan objektif.

“Pertandingan terbuka, jujur dan objektif tidak boleh menggunakan pihak lain, tidak boleh pertandingan pakai teknik lama ‘nabok nyilih tangan’. Itu pertandingan yang jujur,” kata Anas pada Selasa, 11 April 2023.

Jadi, kata Anas, para aktivis tentu tidak bakal tertarik apabila pertandingan diera demokrasi sekarang ini dilakukan dengan cara-cara yang tidak jujur, fair, terbuka dan objektif.

“Kalau tidak ada pertandingan yang jujur, sesungguhnya buat para aktivis tidak tertarik untuk ikut pertandingan. Itulah yang ingin saya sampaikan,” ujarnya.

Anas merupakan terpidana kasus korupsi Hambalang yang tengah menjalani masa pidana di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya

Ia bebas pada 11 April 2023. Kepastian itu disampaikan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jawa Barat, Kusnalis saat dikonfirmasi awak media. Ia mengatakan bila tak ada hambatan Anas Urbaningrum akan menghirup udara bebas pada 11 April 2023.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.