Ada yang Baru Keluar Penjara sebagai Koruptor Berpidato Ajak Perangi Koruptor

by -71 Views
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD memberikan pidato kunci saat acara peluncuran buku Etika Pemerintahan oleh Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) di Jakarta, Jumat, 5 Mei 2023.

Sabtu, 6 Mei 2023 – 09:37 WIB

VIVA Politik – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyampaikan warga negara yang baik tidak hanya taat aturan hukum, tetapi juga memahami etika, nilai-nilai, dan norma.

Mahfud menjelaskan bahwa memahami etika serta menaati nilai-nilai dan norma merupakan dasar dari aturan hukum yang mengatur kehidupan bermasyarakat.

“Sekarang di tengah-tengah masyarakat banyak pelanggaran etika, pelanggaran moral, merasa tidak malu, merasa tidak takut,” kata Mahfud MD saat memberikan pidato (keynote speech) dalam acara peluncuran buku Etika Pemerintahan di Jakarta, Jumat, 5 Mei 2023.

Ilustrasi tahanan KPK diborgol

Ilustrasi tahanan KPK diborgol

Photo :

  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Mahfud menyoroti banyak pelanggar hukum yang menunjukkan dirinya tidak merasa salah atau malu atas kesalahannya. Hal itu terjadi karena kurangnya pemahaman terhadap etika, nilai, dan norma yang merupakan dasar dari terbentuknya aturan hukum.

“Ada yang baru keluar dari penjara sebagai koruptor, sudah berpidato mengajak memerangi koruptor. Banyak terjadi orang melanggar etika yang substansinya melanggar hukum, melanggar hak-hak masyarakat, masih berkilah karena alasan hukum. [Para pelanggar berkilah] saya belum terbukti bersalah di pengadilan. Pelanggaran etika masih kerap terjadi, dan [mereka] enak-enak saja,” kata Mahfud MD.

Halaman Selanjutnya

Mahfud, yang menerima gelar sebagai Sang Penjaga Etika Pemerintahan Indonesia dari Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) saat acara peluncuran buku, menjelaskan bahwa aturan hukum merupakan bagian dari etika, nilai-nilai, dan norma yang cakupannya lebih luas.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.