Wakil Ketua MPR RI Nilai Putusan MK soal Sistem Pemilu Proporsional Terbuka Sesuai Aspirasi

by -2138 Views
Wakil Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid

Kamis, 15 Juni 2023 – 15:57 WIB

Jakarta – Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid menilai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan sistem pemilu yang menolak permohonan gugatan sistem pemilu diputuskan secara bijak dan adil sehingga sesuai dengan aspirasi publik agar sistem proporsional terbuka tetap diberlakukan.

“Syukur, alhamdulillah, sekaligus mengapresiasi dan terima kasih kepada MK yang memutus secara bijak dan adil dan sesuai dengan aspirasi,” kata Jazilul dalam pesan video yang diterima di Jakarta, Kamis, 15 Juni 2023.

Putusan tersebut, kata dia, menjadi penting sebab delapan partai politik (parpol) di parlemen menyatakan sikap menolak pemberlakuan sistem proporsional tertutup.

Polisi berjaga-jaga di dekat Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, (Foto ilustrasi)

Menurut dia, penerapan sistem proporsional terbuka yang didukung putusan MK itu menunjukkan daulat partai sekaligus daulat rakyat. Partai punya hak untuk merekrut dan pemilih secara langsung bisa memilih dan menentukan siapa calon anggota anggota bada legislatifnya.

Sebab, kata dia, sistem proporsional terbuka lebih mampu untuk lebih meningkatkan partisipasi rakyat, sekaligus mendekatkan antara pemilih dengan calon yang dipilihnya.

Halaman Selanjutnya

“Saya pikir dua prinsip itu yang menjadi inti demokrasi, partisipasi yang luas sekaligus memenuhi aspirasi. Itu yang menurut saya dari putusan MK yang menjadi titik poinnya,” tuturnya.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.