Tolak Proporsional Tertutup, Andi Mallarangeng Sarankan Sistem Distrik untuk Pemilu 2024

by -2894 Views
Andi Mallarangeng Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat

Kamis, 29 Desember 2022 – 21:52 WIB

VIVA Politik – Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng tak setuju dengan wacana penerapan sistem proporsional tertutup pada pemilu 2024 mendatang, seperti apa yang disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari.

Terkait wacana tersebut, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu mengatakan sistem proporsional tertutup memiliki banyak celah, sehingga dikhawatirkan banyak wakil rakyat yang lebih mementingkan parpol ketimbang rakyat yang mereka wakilkan.

Andi Mallarangeng Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat

Andi Mallarangeng Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat

Selain itu, Andi Mallarangeng juga menyebut sistem ini dapat melemahkan masyarakat atau pemilih di pemilihan umum, pasalnya masyarakat hanya dapat memilih gambar partai saja dan tak lagi mengetahui siapa orang yang akan menjadi wakilnya kelak.

“Selama Orde Baru, dengan sistem proporsional tertutup, yang terjadi adalah tampilnya anggota-anggota parlemen yang tidak dikenal oleh rakyat yang diwakilinya. Maklum, rakyat hanya memilih tanda gambar partai, dan siapa yang terpilih pada dasarnya adalah nomor urut yang ditentukan oleh parpol,” ujar Andi Mallarangeng dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis 29 Desember 2022.

Menurut pria 59 tahun itu, sistem proporsional tertutup memungkinkan wakil rakyat yang terpilih nantinya hanya akan memihak ke atas dan tidak memihak ke rakyat. Selain itu, kata dia, oligarki partai juga bakal kembali mencuat dan hak-hak rakyat akan dikebiri.

Halaman Selanjutnya

Sarankan sistem distrik

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.