Tidak Senafas dengan Jokowi Elektabilitasnya Pasti Turun

by -2465 Views
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Rabu, 4 Januari 2023 – 19:00 WIB

VIVA Politik – Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan bahwa ada hubungan antara kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo dengan elektabilitas partai atau tokoh pendukungnya.

Hasto mengatakan itu menanggapi hasil survei dari Indikator Politik Indonesia (IPI), yang dirilis pada Rabu 4 Januari 2023 secara daring.

Hasto menyampaikan, tokoh di lingkaran Presiden Jokowi elektabilitasnya naik ketika kepuasan kepada pemerintah naik. Sebaliknya, elektabilitas Anies Baswedan selalu naik ketika kepuasan masyarakat kepada pemerintah sedang anjlok,

“Adanya korelasi dari apa yang disebut sebagai approval rating dari Presiden Jokowi, terhadap parpol yang mengusungnya dengan perkecualian tadi dari PKB. Mengapa elektoral dari Puan, Ganjar dan Pak Prabowo itu juga mengalami trend kenaikan, karena approval rating dari Presiden Jokowi mengalami kenaikan,” ujar Hasto dalam keterangannya, Rabu 4 Januari 2023.

Menurutnya, trend kenaikan elektabilitas Anies Baswedan ketika kepuasan pemerintah sedang anjlok, menunjukkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu antitesa Jokowi.

“Anies Baswedan mengalami penurunan itu juga membuktikan bahwa masyarakat menilai Pak Anies merupakan antitesa dari Presiden Jokowi. Sehingga kemudian jika Pak Jokowi naik, Anies mengalami penurunan,” ucap Hasto.

Lebih lanjut Hasto menjelaskan, itu juga yang menjadi faktor bahwa pihak-pihak yang tidak senafas dengan Presiden Jokowi, akan mengalami penurunan elektabilitas.

Halaman Selanjutnya

“Kognisi dari masyarakat itu membuktikan bahwa approval rating yang semakin meningkat dari Presiden membawa dampak bagi partai-partai pengusungnya, tapi bagi mereka yang tidak senafas dengan kepemimpinan Presiden Jokowi mengalami penurunan,” jelasnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.