Soroti Indeks Kerawanan Pemilu 2024, Kemendagri Siapkan Deteksi Dini

by -5101 Views
Warga Papua memasukan kertas suara saat memberikan hak suaranya pada Pemilu serentak 2019 di Distrik Libarek, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua

Selasa, 27 Desember 2022 – 18:50 WIB

VIVA Politik – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan sosialisasi indeks kerawanan Pemilu 2024 pada Selasa, 27 Desember 2022. Kerawanan Pemilu 2024 dinilai Kemendagri mesti jadi perhatian.

Upaya Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Pol dan PUM) Kemendagri ini untuk mendukung sosialisasi Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang diluncurkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Direktur Kewaspadaan Nasional Ditjen Pol & PUM Kemendagri, Sri Handoko Taruna menekankan langkah ini juga untuk melakukan optimalisasi kesiapsiagaan dan kewaspadaan. Menurut dia, hal itu baik pemerintah pusat, daerah, dan seluruh pemangku kepentingan dalam menghadapi Pemilu Serentak 2024.

“Pemerintahan yang baik dihasilkan oleh kualitas pemilu yang baik. Sukses pelaksanaan Pemilu 2024 akan ditentukan oleh banyak faktor, di antaranya kesiapan penyelenggara Pemilu, pemerintah dan pemerintah daerah, serta kesiapsiagaan dari seluruh stakeholder,” kata Sri Handoko, Selasa, 27 Desember.

Penghitungan Surat Suara Pemilu 2019. (Foto ilustrasi).

Penghitungan Surat Suara Pemilu 2019. (Foto ilustrasi).

Sementara, Direktur Jenderal Pol & PUM Kemendagri, Bahtiar menjelaskan pemerintah dalam hal ini pihaknya memberikan dukungan konkret agar Pemilu Serentak 2024 berjalan sukses. Menurut dia, IKP dari Bawaslu memberi gambaran mengenai apa saja yang harus dilakukan berbagai pihak terkait kerawanan Pemilu 2024.

“Indeks kerawanan Pemilu ini perlu menjadi bahan kita, karena ini adalah hasil riset, hasil kajian ilmiah dengan metodologi yang sudah teruji, karena sudah dilakukan bertahun-tahun. Oleh karenanya, tentu ini menjadi sangat penting,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya

Pun, dia menambahkan, ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas Pemilu, termasuk ekosistem. Menurut dia, hal itu dalam ekosistem yang ditemukan adanya kerawanan-kerawanan, maka perlu pencegahan. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.