Presiden PKS Klaim Elektabilitas Partainya Naik meski Ragu karena ‘Efek Ekor Jas’ Anies Baswedan

by -639 Views
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu

Jumat, 9 Desember 2022 – 19:58 WIB

VIVA Politik – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengklaim bahwa elektabilitas partainya meningkat hingga 8 persen pada pemilu tahun 2024, berdasarkan hasil survei internal dan laporan riset eksternal oleh sejumlah lembaga survei.

Biasanya, kata Syaikhu, elektabilitas PKS setiap disurvei menjelang pemilu antara 1-3 persen, meski realisasinya dalam pemilu berkisar 8 persen karena ada faktor pengalinya. Sekarang, untuk kali pertama dalam sejarah PKS, katanya, elektabilitas partai tersebut di atas 8 persen.

“Yang terakhir, justru kita mendapatkan informasi adalah dari lembaga survei, seperti yang dirilis, misalnya, ada Voxpol [Center Research and Consulting] yang memberikan informasi, ketika mereka merilis, [elektabilitas] kita udah 9,6 persen,” katanya dalam wawancara eksklusif dengan VIVA pada program The Interview di Jakarta, Jumat, 2 Desember 2022.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu

Meski demikian, dia menolak untuk menjelaskan faktor utama yang memengaruhi peningkatan elektabilitasn PKS tersebut. Dia juga ragu-ragu menjawab ketika ditanya tentang ‘coattail effect’ (efek ekor jas) dari dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden terhadap tingkat keterpilihan PKS.

“Kalau [efek] ekor jas Pak Anies Baswedan kan belum … terbukti karena nanti baru [tahun] 2024. Ini juga masih terus bergulir,” katanya.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.