Presiden Jokowi Tak Boleh Netral di Pemilu 2024

by -363 Views
Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, dalam sebuah forum diskusi di Jakarta.

Selasa, 9 Mei 2023 – 15:48 WIB

VIVA Politik – Partai Amanat Nasional (PAN) membela Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari tuduhan cawe-cawe atau ikut campur dalam urusan politik Pemilu 2024. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga justru mendukung Jokowi agar tidak boleh netral alias harus berpihak tapi keberpihakan itu ditujukan pada kelancaran pelaksanaan pemilu. 

“Presiden Jokowi tidak boleh netral di Pemilu 2024, harus juga aktif memonitor agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, berkualitas dan berintegritas, aman dan damai,” kata Viva Yoga, Selasa, 9 Mei 2023.

Menurut Viva, Jokowi harus bertanggung jawab agar pemilu sebagai jalan demokrasi yang konstitusional membawa kemajuan dan kebaikan bagi bangsa dan negara.

Karena itu, PAN menilai sikap Presiden Jokowi mengumpulkan pada Ketum parpol pendukung pemerintah di Istana Negara, pada Selasa lalu, masih dalam koridor yuridis.

“Memang apa masalahnya jika presiden Jokowi condong ke figur yang menurutnya dapat melanjutkan pembangunan dan melakukan perubahan buat bangsa dan negara?” imbuhnya.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan berlangsung pada 19 Oktober 2023 sampai dengan 25 November 2023.

Halaman Selanjutnya

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) mengatur pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.