Pemilih Tak Loyal Ganjar Pranowo Bisa Berubah Pilihan karena Kecewa, Menurut TSRC

by -5057 Views
Bakal capres Ganjar Pranowo menghadiri konsolidasi kader PDIP Jawa Barat

Selasa, 16 Mei 2023 – 18:48 WIB

VIVA Politik – Direktur Eksekutif The Strategic Research and Consulting (TSRC) Yayan Hidayat mengatakan Anies Baswedan telah memanfaatkan polemik ketegangan antara pendukung Ganjar dan Prabowo.

“Anies terus melakukan provokasi melalui berbagai pidato politiknya dalam berbagai kesempatan agar terjadi migrasi pemilih Ganjar dan Prabowo ke dirinya. Tentu Anies memanfaatkan polemik Ganjar dan Prabowo untuk mendulang keuntungan elektoral,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, 16 Mei 2023.

Dia menjelaskan ketegangan hubungan antara pendukung Ganjar dan Prabowo akan merugikan kedua kelompok itu secara elektoral. Sebab, secara tren elektoral dari periode Januari 2023 hingga Mei 2023 di antara tiga nama capres, masih berada di bawah 50 persen.

Anies Baswedan tiba di kantor DPP PKS di Jakan TB Simatupang, Jakarta Selatan

Anies Baswedan tiba di kantor DPP PKS di Jakan TB Simatupang, Jakarta Selatan

Apalagi kata dia, dalam berbagai simulasi survei terlihat sangat besar potensi akan terjadi pertarungan dua putaran dalam Pemilihan Presiden 2024. Pertarungan dua putaran itu mensyaratkan pemilih yang solid dan loyal agar tetap dapat menstabilkan dukungan hingga ke akhir pertarungan.

Yayan menjelaskan dalam berbagai simulasi pasangan calon, terlihat persaingan suara ketat terjadi antara Ganjar dan Prabowo. Namun, Anies selalu berada pada urutan terbawah. Ketegangan politik yang berlebihan antara Ganjar dan Prabowo akan memicu sentimen negatif dan memunculkan kejenuhan pada pemilih.

Halaman Selanjutnya

“Hal ini tentu menguntungkan Anies Baswedan secara elektoral,” ujarnya.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.