Pemicu Elektabilitas Prabowo Moncer Seiring Kepuasan Jokowi Naik

by -523 Views
Prabowo Subianto saat mendaftarkan Partai Gerindra di KPU.

Rabu, 4 Januari 2023 – 17:46 WIB

VIVA Politik – Survei terbaru Indikator Politik Indonesia melaporkan ada temuan korelasi antara tren kenaikan tingkat kepuasan terhadap Presiden Joko Widodo dengan elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Status Prabowo juga sebagai Menteri Pertahanan RI yang digadang-gadang maju capres 2024.

Direktur Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi menjelaskan tren elektabilitas Prabowo yang moncer seiring kepuasan terhadap Jokowi. Bagi dia, hal itu cukup menarik karena awalnya tak ada korelasi dengan Prabowo.

“Yang menarik ini Pak Prabowo, awalnya nggak ada korelasi apapun dengan approval rating Pak Jokowi,” kata Burhanuddin, dalam paparannya secara daring, Rabu, 4 Januari 2023.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Namun, ia mengatakan korelasi itu terlihat dengan pola tren cenderung berubah untuk Prabowo dari November ke Desember 2022.  “Pola itu mulai berubah di November dan Desember,” tutur Burhanudin.

Lalu, menurutnya pada November 2022 elektabilitas Prabowo berada di angka 23 persen. Saat itu, tren kepuasan terhadap Jokowi juga sedang menurun.

Namun, pada Desember 2022, elektabilitas eks Danjen Kopassus itu melonjak di angka 26,7 persen. Kenaikan itu, kata dia, seiring dengan kenaikan kepuasan terhadap Jokowi di angka 71 persen.

Halaman Selanjutnya

Burhanudin menyampaikan juga pemicu kenaikan tren elektabilitas Prabowo. Dia menekankan merujuk pola yang baku dalam tradisi ilmu politik.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.