Peci Hitam Bung Karno Ingatkan Pentingnya Basis Data Negara

by -448 Views
Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka

Sabtu, 19 November 2022 – 02:27 WIB

VIVA Politik – Politikus PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka teringat dengan pidato Presiden pertama RI Surkarno atau Bung Karno. Rieke mengingat omongan dan penampilan khas Bung Karno melalui peci hitamnya yang punya makna.

Demikian orasi kebudayaan yang disampaikan Rieke dengan tajuk ‘Indarung: Bung Karno, Peci dan Semen’. Orasi Rieke disuarakan saat Indarung Art Market Festival 2022 di bekas Pabrik Indarung I, PT Semen Padang, Sumatera Barat. 

Dia teringat ucapan Bung Karno saat pidato di hadapan para pemuda di Solo pada 11 Juli 1960.

Rieke mengatakan dalam orasinya mengingatkan sejarah Indarung sebagai cikal bakal pabrik semen pertama di Asia Tenggara. Dengan usia Indarung yang sudah 112 tahun, ia tak ingin sejarah tersebut hilang.

“Hari ini saya akan berada di Indarung. Dan, seketika ingatan itu bangkitkan ingatan lama saya pada penampilan Bung Karno dengan peci hitam bersama 513 orang pendiri bangsa lainnya,” kata Rieke saat orasi seperti disampaikan dalam keterangan resminya, Sabtu, 19 November 2022.

Orasi Bung Karno

Dia mengingatkan pentingnya infrastruktur dalam hajat kehidupan rakyat. Pun, dalam pembangunan infrastruktur jelas membutuhkan semen. 

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.