PDIP Hormati Putusan MK meski Tetap Yakini Sistem Pemilu Proporsional Tertutup yang Terbaik

by -3134 Views
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Jumat, 16 Juni 2023 – 09:14 WIB

Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatannya agar sistem pemilu diubah dari proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup.

Hasto mengatakan PDIP percaya terhadap sikap MK dalam mengambil putusan meski partainya mendukung pemilu dilaksanakan dengan sistem proporsional tertutup.

“PDI Perjuangan tentu saja mendukung putusan MK, meskipun di dalam keyakinan politik PDIP sebagai partai ideologi berdasarkan Pancasila,” kata Hasto dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Kamis, 15 Juni 2023.

Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

PDIP menilai seluruh aspek kehidupan anggota dewan harus dipersiapkan sebaik-baiknya untuk menghasilkan anggota yang memiliki kualifikasi dalam membawa Indonesia maju. Itu bisa dilakukan hanya dengan sistem proporsional tertutup.

“Namun demikian mengingat PDI Perjuangan taat konstitusi, setia pada UU, maka putusan Mahkamah Konstitusi tersebut, dengan penuh sikap negarawan, diterima PDI Perjuangan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Di sisi lain, Hasto menuturkan PDIP akan tetap mendukung Pemilu 2024 dengan sistem pemilu terbuka jika yang diputuskan MK adalah sistem pemilu tertutup.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.