PDIP Disebut Partai Modern Diantaranya Tidak Tergantung Figur Personal

by -6881 Views
PDIP kumpulkan pengurus DPC di Lenteng Agung. (Foto ilustrasi).

Selasa, 3 Januari 2023 – 15:07 WIB

VIVA Politik – Partai modern dinilai berisikan orang-orang yang memiliki kompetensi masing-masing di dalamnya. Termasuk pucuk elit partai yang tidak rangkap jabatan publik.

Hal itu setidaknya yang dikatakan pakar komunikasi politik yang juga budayawan, Romo Benny Susatyo. Ia melihat, ciri-ciri partai modern tersebut bisa terlihat di PDI Perjuangan (PDIP). Yang menurutnya partai yang dikelola secara profesional dan modern.

Dia menyebut, seperti di PDIP banyak figur yang mengisi dan kompeten di bidangnya. Baik mereka yang ahli akan perbankan, purnawirawan militer, pengamat politik, budayawan, dan banyak lagi. Mereka berada dalam satu organisasi partai.

“PDIP adalah partai modern yang kekuatannya pada struktur organisasi. Misalnya sekjen tidak merangkap. Itu ciri partai modern,” jelas Romo Benny, kepada wartawan di Jakarta, dikutip Selasa 3 Januari 2023.

Romo Benny memaparkan, ada 5 yang bisa menujukkan sebuah partai dikatakan modern. Termasuk yang dicontohkannya adalah PDIP.

Pertama, jelas dia, PDIP punya akar ideologi yang berkekuatan pada basis akar rumput. “Maka itulah, PDIP melekat sebagai partai wong cilik seperti petani, butuh, dan nelayan,” katanya.

Lalu yang kedua, jelasnya melanjutkan, bahwa ada hirarki kepemimpinan yang terstruktur. Menurutnya ini yang ada di PDIP. Romo Benny menyebut partai pimpinan Megawati tersebut punya struktur partai hingga ke paling bawah yakni ranting.

Halaman Selanjutnya

Ketiga, kaderisasi berjenjang. Menurutnya ini juga ada di PDIP. Maka itulah, katanya, PDIP aktif melakukan pendidikan kader secara periodik. Termasuk sekolah partai yang rutin digelar untuk pembekalan para kader yang telah menduduki jabatan publik.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.