KPU Diminta Bersikap Adil, Coret 3 Parpol yang Diduga Diloloskan

by -178 Views
Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum)

Jumat, 23 Desember 2022 – 19:51 WIB

VIVA Politik – Belakangan ini muncul desakan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bersikap adil dengan mencoret tiga partai yang diduga sengaja diloloskan untuk pemilu 2024. Partai yang diduga diloloskan yaitu Partai Gelora, PKN, dan juga Partai Garuda.

Sebelumnya, ada Kuasa Hukum dari Themis Indonesia Law Firm, Ibnu Syamsu Hidayat yang mengatakan, KPU curang dengan meloloskan ketiga partai itu. Ibnu menyebut, kecurangan yang dilakukan berupa praktik mengubah data partai politik dalam Sistem Informasi (Sipol) dan mengubah status TMS (Tidak Memenuhi Syarat) menjadi MS (Memenuhi Syarat) untuk ketiga parpol tersebut.

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Komisioner KPU Idham Kholid, membantah adanya tudingan bahwa KPU pusat telah memberikan instruksi ke KPU di daerah untuk meloloskan partai tertentu. Idham menjelaskan, instruksi yang diberikan kepada pengurus KPU Daerah adalah agar KPU Daerah ikuti ketentuan yang telah diberikan KPU Pusat.

Dia membantah apabila instruksinya itu disebut untuk meloloskan partai tertentu. Dia hanya memint KPU Daerah bekerja sesuai Surat Edaran yang dikeluarkan KPU pusat.

SE itu terutama mengatur soal mekanisme verifikasi faktual partai peserta Pemilu 2024. Sebab, kata Idham, beberapa KPU tingkat provinsi dan kabupaten masih ada yang belum mengikuti arahan sesuai SE.

“Konteksnya itu siapa yang tidak tegak lurus maksudnya tidak disiplin melaksanakan SE. itu dan ada SE nya. Dan tidak ada konteks memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat,” ujarnya.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.