Koalisi Masyarakat Sipil Laporkan ke LPSK Dugaan Kecurangan Verifikasi Partai dan Intidimidasi

by -58 Views
Anggota Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih sekaligus Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana

Senin, 2 Januari 2023 – 18:43 WIB

VIVA Politik – Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih mendatangi kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) di Jakarta, Senin, 2 Januari 2023, untuk konsultasi tentang temuan dugaan intimidasi terhadap pelapor indikasi kecurangan tahapan pemilu.

Anggota Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih Kurnia Ramadhana mengatakan pihaknya telah membuka pos pengaduan terkait dugaan kecurangan verifikasi faktual partai politik. Pos pengaduan itu ditujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya anggota KPU RI.

“Pengaduan apabila ada menemukan bukti berkaitan dengan proses verifikasi faktual partai politik. Namun, yang kami temukan, kami dapatkan, kami dengar, praktik kecurangan sangat terstruktur dan masif, dan kami sudah menempuh jalur penegakan etik di DKPP,” ungkap Kurnia kepada wartawan di LPSK.

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Selain menemukan dugaan praktik kecurangan secara terstruktur, Kurnia juga mengatakan ada temuan lain berupa dugaan intimidasi yang diterima si pelapor tersebut.

“Namun, kami dengar dalam belakangan waktu terakhir, para informan yang menyampaikan laporan ke kami, menyampaikan bukti ke kami, mendapat intimidasi. Atas dasar itu, kami datang ke LPSK agar proses pengungkapan indikasi kecurangan verifikasi faktual parpol yang diduga keras dilakukan oleh jajaran petinggi KPU RI dapat berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya

Kurnia yang juga merupakan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) itu enggan mengungkap lebih jauh siapa saja pihak yang diduga mendapatkan intimidasi tersebut.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.