Kita Harus Usung Suara Rakyat

by -2342 Views
Nurul Arifin

Kamis, 5 Januari 2023 – 07:55 WIB

VIVA Politik – Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golongan Karya (Golkar) Nurul Arifin menanggapi pernyataan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto soal penerapan sistem pemilu proporsional tertutup. Menurut Nurul, partai politik pada zaman sekarang ini harus lebih mementingkan suara rakyat.

Hal tersebut disampaikan Nurul saat hadir dalam acara rilis hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) secara daring pada Rabu, 4 Januari 2023. Selain Nurul, Sekjen PDIP Hasto dan Sekjen Partai Nasdem, Johny G Plate juga turut hadir dalam acara tersebut.

“Ayo Pak Hasto jangan terlalu keras gitu soal sistem pemilu, kita harus mengusung suara rakyat lah, berikan rakyat itu pembelajaran politik dengan cara mereka memilih siapa orang-orang yang mereka percaya,” kata Nurul dalam keterangannya, Kamis, 5 Januari 2023.

Anggota Komisi I DPR RI, Nurul Arifin

Anggota Komisi I DPR RI, Nurul Arifin

Nurul menegaskan sikap partainya yang tetap berpegang pada sistem pemilu proporsional terbuka. Sebab, sistem tersebut dianggap tetap lebih mewakili suara rakyat dalam pemilihan legislatif (Pileg), dibandingkan sistem proporsional tertutup.

“Jadi, partai politik tidak kemudian menjadi egois di situ. Kami tidak percaya di situ tidak ada oligarki, itu nonsense. Kami tidak percaya itu mengurangi korupsi, kami tidak percaya dengan sistem tertutup kemudian semuanya akan lebih baik,” ujarnya.

Nurul juga beranggapan bahwa sikap Hasto yang sangat percaya diri dengan mendukung sistem pemilu proporsional secara tertutup disebabkan approval yang dimiliki PDIP sangat kuat.

Halaman Selanjutnya

“Mas hasto sangat percaya diri dengan sistem tertutup karena political identitasnya sangat kuat semua di-approval. Pak Jokowi itu PDIP, kemudian PDIP juga ada pak Ganjar di situ, tapi tidak terlalu memberikan efek kepada yang lain. Mungkin belakangan pak Prabowo setelah di-endorse oleh pak Jokowi,” katanya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.