Kepercayaan Publik pada Parpol Turun efek Sistem Pemilu Proporsional Terbuka, Menurut PDIP

by -4584 Views
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto

Rabu, 4 Januari 2023 – 21:58 WIB

VIVA Politik – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut kepercayaan publik yang menurun terhadap partai politik, sebagaimana hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI), akibat penerapan sistem pemilu proporsional terbuka.

“Di sinilah kita harus melihat secara objektif, kinerja secara keseluruhan, dan kemudian kita harus berani melihat secara jujur terkait, misalnya dengan sistem pemilu proporsional terbuka, apakah juga membawa suatu implikasi peningkatan kinerja partai,” kata Hasto dalam keterangannya, Rabu, 4 Januari 2023.

Berdasarkan kajian, kata Hasto, sistem pemilu proporsional terbuka justru membuat kepuasan masyarakat terhadap partai politik menjadi turun. Calon anggota badan legislatif yang lebih mementingkan popularitas dibanding dengan kapabilitas serta kinerja yang akan diterapkan.

Ilustrasi pemungutan suara saat pemilu.

Ilustrasi pemungutan suara saat pemilu.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

“Justru, dari kajian-kajian yang ada, malah menurunkan kepuasan-kepuasan masyarakat terhadap partai politik, karena yang dikedepankan seluruh calon anggota legislatif lebih kepada popularitas diri daripada fungsi-fungsi elektoralnya dibanding kapabilitas dalam fungsi anggaran dan pengawasan,” katanya.

Sistem proporsional terbuka

Halaman Selanjutnya

Delapan fraksi di DPR RI kompak menyatakan sikap bersama mendukung pemilu legislatif 2024 tetap dengan sistem proporsional terbuka. Sikap politik bersama itu diumumkan setelah mencuatnya kemungkinan kembali berlakunya sistem proporsional tertutup.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.