Geger Konflik Internal, Keraton Surakarta Ditutup untuk Wisatawan

by -1875 Views
Sejumlah orang melintas di halaman Keraton Kasunanan Surakarta

Senin, 26 Desember 2022 – 12:54 WIB

VIVA Politik – Keraton Kasunanan Surakarta ditutup untuk wisatawan menyusul konflik internal di salah satu keraton trah dinasti Mataram Islam itu. Konflik internal melibatkan kubu Raja Sinuhun Paku Buwono XIII Hangabehi dan Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta.

Informasi penutupan Keraton Kasunanan Surakarta untuk para pelancong itu diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin, 26 Desember 2022. “Sebelum itu ada isu-isu kemalingan itu sudah ditutup. Ya, wisata Keraton mulai tutup sekitar dua minggu lalu,” katanya.

Penutupan tersebut, katanya mengakui, sangat merugikan bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Solo pada saat liburan Natal dan Tahun Baru ini. Sebab, Keraton menjadi salah satu objek wisata yang menjadi andalan di Kota Solo. Tetapi, dia berargumen, pemerintah setempat pun tak dapat mengintervensi konflik keluarga tersebut.

Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta

Puncak konflik internal Keraton Kasunanan Surakarta terjadi pada Jumat malam. 23 Desember. Saat itu diduga terjadi aksi penutupan pintu akses utama keraton Kori Kamandungan. Segerombolan orang melakukan tindak kekerasan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Semarang, menyarankan keluarga Keraton Surakarta untuk berembuk demi mengakhiri konflik internal yang berkepanjangan. “Saya berharap di antara keluarga mereka bisa rembukan, wong ya mereka keluarga sendiri,” katanya.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.