Empat Pentolan PSI Mundur, Pengamat Sarankan Giring Introspeksi

by -717 Views
Ketum PSI Giring Ganesha

Jumat, 16 Desember 2022 – 09:49 WIB

VIVA Politik – Politikus muda Rian Ernest menambah daftar kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mundur. Sebelum Rian, ada elite PSI lain yakni Tsamara Amani, Michael Sianipar, dan Surya Tjandra yang sudah keluar dari partai tersebut.

Pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga menganalisa mundurnya sejumlah pentolan PSI mesti jadi introspeksi bagi para petinggi parpol tersebut. Menurut dia, introspeksi itu khususnya bagi Giring Ganesha selaku Ketua Umum DPP PSI.

“Mundurnya para kader PSI itu seharusnya menjadi introspeksi bagi petingginya, khususnya Ketua umumnya. Sebab, mundurnya para kader seperti diakui Michael Sianipar, karena PSI sudah banyak berubah, termasuk melenceng dari visi misinya,” kata Jamiluddin, dalam keterangannya, Jumat, 16 Desember 2022.

Mantan politikus PSI Rian Ernest.

Mantan politikus PSI Rian Ernest.

Dia mengatakan jika parpol melenceng dari visi misinya maka jadi tanggung jawab Ketua umumnya. Sebab, figur ketua umum partai yang mesti bisa mengawasi semua kadernya agar tetap bersikap dan berperilaku sesuai visi dan misinya.

“Kalau Ketua umumnya membiarkan hal itu, maka yang bersangkutan sudah lalai dari tanggung jawabnya,” jelas Jamiluddin.

Pun, dia menambahkan dengan deretan elite PSI yang mundur, maka sulit untuk partai itu bisa menembus ambang batas parlemen di DPR pada Pemilu 2024. Apalagi, dalam beberapa survei, elektabilitas PSI masih rendah.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.