Dunia Memperhitungkan Indonesia karena Miliki Potensi Kekuatan Penengah

by -118 Views
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Jumat, 18 November 2022 – 09:05 WIB

VIVA Politik – Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan Indonesia membuktikan sebagai negosiator global dengan Leaders’ Declaration (Deklarasi Pimpinan) atau komunike yang disepakati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

“Serangkaian diplomasi pemerintah Indonesia mampu meyakinkan negara-negara G20 lain bahwa Indonesia adalah mitra yang dapat dipercaya, yang ingin menjembatani perbedaan. Itu terlihat dari 52 poin Leader’s Declaration berhasil dicapai melalui konsensus,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 18 November 2022.

Selain itu kata dia, merupakan bentuk kepercayaan dunia atas kiprah Indonesia sebagai negosiator global yang dapat dilihat dari rekam jejak panjang, dengan kebijakan luar negeri termasuk posisi pemerintah Indonesia yang diambil dalam perang Ukraina-Rusia.

Presiden Jokowi serahkan palu Presidensi G20 ke PM India Narendra Modi.

Presiden Jokowi serahkan palu Presidensi G20 ke PM India Narendra Modi.

Indonesia telah menyelenggarakan KTT G20 di Bali. KTT G20 ini menghasilkan dokumen Leaders Declaration yang berisi 52 poin utama dari sikap pemimpin G20.

Salah satu poin penting dari Leaders Declaration ini yaitu para pemimpin G20 sepakat akan pentingnya penegakan hukum internasional dan sistem multilateral yang menjaga perdamaian dan stabilitas.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.