Di TNI Tak Ada Duta

by -6590 Views
Mantan Wakil Ketua Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin merampungkan pemeriksaan di kantor KPK, Kamis, 5 Juli 2018.

Senin, 12 Desember 2022 – 23:36 WIB

VIVA Politik – Anggota Komisi I DPR RI yang juga purnawirawan TNI, TB Hasanuddin, menjelaskan bahwa tidak ada istilah duta dalam TNI. Termasuk di dalam komponen cadangan (komcad) TNI. 

Makanya, ia perlu meluruskan pemikiran yang menyebut, Deddy Corbuzier merupakan duta TNI sehingga mendapat pangkat Letnan Kolonel (Letkol) tituler dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

“Kalau misalnya ada yang bicara misalnya dari Jubir Kemenhan. Oh, karena Deddy itu sudah menjadi duta, komponen cadangan. Begini, di militer enggak ada istilah duta,” kata TB Hasanuddin saat dihubungi wartawan pada Senin, 12 Desember 2022.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Deddy Corbuzier

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Deddy Corbuzier

Photo :

  • Instagram/mastercorbuzier

Namun, TB Hasanuddin mengaku tidak tahu kalau kegiatan lain misalnya ada duta seni. Yang jelas, ia menegaskan dalam kesatuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak ada istilah duta, termasuk komponen cadangan.

“Tidak ada undang-undangnya. Saya perlu meluruskan, di TNI enggak ada istilah duta. Duta Kostrad, Duta Kopassus atau Duta Kodam, enggak ada,” jelas anggota dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Memang, TB Hasanuddin mengakui pemberian pangkat kepada siapa saja itu dibolehkan karena ada dalam peraturan perundang-undangan. Misalnya, Panglima TNI mengangkat seseorang dan memberi pangkat tituler mulai dari pangkat perwira dari letnan dua sampai jenderal. 

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.