Andi Mallarangeng Bandingkan AHY dengan Lima Presiden AS yang Mantan Tentara dan PM Inggris

by -451 Views
Andi Mallarangeng Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat

Jumat, 30 Desember 2022 – 16:04 WIB

VIVA Politik – Partai Demokrat menepis penilaian negatif sejumlah kalangan yang meragukan kapasitas sang Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terutama kalau mau diajukan sebagai calon presiden atau calon wakil presiden. Belakangan memang mengemuka niat politik untuk memasangkan AHY dengan Anies Baswedan.

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng mengoreksi pandangan sebagian kalangan yang menlai AHY masih terlalu belia yakni 44 tahun, cuma pensiunan tentara dengan pangkat terakhir mayor, minim pengalaman politik, dan belum memiliki pengalaman di pemerintahan atau menjadi kepala daerah.

“Kalau dari segi usia, Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris, lebih muda dari AHY, 42 tahun. Perdana Menteri Kanada (Justin Trudeau), waktu jadi perdana menteri, 30-an tahun. Perdana Menteri Selandia Baru juga 30-an tahun. Perdana Menteri Finlandia (Sanna Marin) 30-an tahun,” katanya dalam wawancara eksklusif dengan VIVA pada program The Interview di Jakarta, Jumat, 23 Desember 2022.

Andi Mallarangeng Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat

Andi Mallarangeng Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat

AHY memang belum pernah menjadi menteri, terutama karena partainya menjadi oposisi di luar pemerintahan, katanya. Tetapi, waktu masih menjadi prajurit TNI, AHY pernah bertugas menjadi pasukan penjaga perdamaian di Lebanon.

Jika dianggap kurang mumpuni karena pangkat terakhirnya mayor, menurut Andi, empat dari lima presiden Amerika Serikat yang mantan tentara justru berpangkat lebih rendah dibanding AHY.

Halaman Selanjutnya

“George Bush junior itu [pensiunan] letnan. George Bush senior kalau enggak salah [pensiunan] letnan juga. [John F.] Kennedy juga [pensiunan] letnan. [Jimmy] Carter [pensiunan] kapten. Yang jenderal di Amerika itu [Dwight D.] Eisenhower saja,” ujarnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.