Ada Kemungkinan, Pemilu 2024 Kembali ke Sistem Proporsional Tertutup

by -198 Views
Ketua KPU Hasyim Asyari

Kamis, 29 Desember 2022 – 18:59 WIB

VIVA Politik – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari menyampaikan terbuka kemungkinan Pemilu serentak 2024 diterapkan dengan sistem proporsional tertutup. Namun, menurutnya hal itu tergantung Mahkamah Konstitusi (MK).

Hasyim menekankan, sistem tersebut berpotensi diberlakukan apabila MK mengabulkan gugatan UU Pemilu yang mengatur sistem pemilu proporsional terbuka, menjadi tertutup. 

“Ada kemungkinan. Saya belum berani berspekulasi. Ada kemungkinan kembali ke sistem proporsional daftar calon tertutup,” kata Hasyim, Kamis, 29 Desember 2022.

Ilustrasi Petugas KPPS menunjukkan surat suara pemilihan calon Presiden dan calon Wakil Presiden yang sudah tercoblos di Pilpres 2019.

Ilustrasi Petugas KPPS menunjukkan surat suara pemilihan calon Presiden dan calon Wakil Presiden yang sudah tercoblos di Pilpres 2019.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Dia pun mengimbau agar seluruh pihak bisa menahan diri dengan tidak memanfaatkan alat peraga kampanye sebelum jadwalnya.

“Maka dengan begitu menjadi tidak relevan. Misalkan saya mau nyalon pasang gambar-gambar di pinggir jalan. Jadi, nggak relevan,” tutur Hasyim. 

Menurut dia, dengan sistem proporsional tertutup maka nama caleg nggak ada di surat suara,

Halaman Selanjutnya

“Karena namanya nggak muncul lagi di surat suara. Nggak coblos lagi nama-nama calon. Yang dicoblos hanya tanda gambar parpol sebagai peserta pemilu,” lanjut Hasyim.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.