77,3 Persen Publik Puas Dipimpin Jokowi meski Sempat Menaikkan Harga BBM

by -569 Views
Presiden Jokowi blusukan ke Pasar Badung, Bali

Senin, 10 April 2023 – 09:55 WIB

VIVA Politik – Lembaga Voxpopuli Research Center merilis hasil survei terkininya dengan hasil 77,3 persen publik merasa puas dipimpin Presiden Joko Widodo selama setahun terakhir.

“Dalam setahun tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi stabil, kini mencapai 77,3 persen,” kata peneliti senior Voxpopuli Research Center Prijo Wasono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, 9 April 2023.

Dia menjelaskan angka tersebut tidak terlalu berubah sejak survei bulan Maret 2022, yaitu tingkat kepuasan selalu di atas kisaran 75 persen. Sementara itu 18,3 persen merasa tidak puas, di antaranya 1,0 persen tidak puas sama sekali, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab sebanyak 4,4 persen.

Presiden Jokowi Dalam Penanaman Padi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Presiden Jokowi Dalam Penanaman Padi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Photo :

  • Kris – Biro Pers Sekretariat Presiden

Menurut Prijo, tinggi dan stabilnya tingkat kepuasan berkorelasi dengan stabilnya perekonomian nasional di tengah sejumlah guncangan. Tercatat pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2022 sebesar 5,31 persen dan tiap triwulannya selalu di atas 5 persen.

Pada kurun waktu yang sama terjadi kenaikan inflasi, dari sebesar 2,64 persen pada Maret 2022 menjadi 4,35 persen pada Juni 2022, hingga mencapai rekor tertinggi 5,95 persen pada September 2022.

Halaman Selanjutnya

“Saat itu pemerintah memutuskan kenaikan harga BBM bersubsidi, setelah beberapa bulan sebelumnya mengalami tekanan akibat gejolak ekonomi yang melanda seluruh dunia,” katanya menjelaskan.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.