Tujuh Partai Politik Bertemu Tolak Sistem Pemilu Proporsional Tertutup, PDIP Angkat Bicara

by -871 Views
Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung Jakarta Selatan

Senin, 9 Januari 2023 – 06:04 WIB

VIVA Politik – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto tak mau ambil pusing terhadap pertemuan tujuh partai politik yang menolak sistem pemilu proporsional tertutup pada Pemilu 2024 di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu 8 Januari 2023. 

Hasto menilai, pertemuan yang digelar oleh ketujuh partai politik tersebut merupakan hal yang wajar dilakukan di dalam politik Indonesia.

“Ya pertemuan itu kan bagus sama kami bertemu dengan rakyat. Itu hal yang biasa di dalam politik untuk saling bertemu,” kata Hasto kepada wartawan di Jakarta, Minggu.

Pun Hasto menilai, pertemuan seperti itu juga kerap dilakukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terhadap pimpinan partai politik lainnya. Akan tetapi, kata dia, pertemuan itu tak selalu diketahui oleh publik.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

“Nah bedanya kalau ibu ketua umum juga bertemu para ketua umum itu tidak kemudian dalam pengertian untuk terbuka. Beliau banyak melakukan dialog bangsa dan negara itu justru dalam suasana yang kontemplatif, itu yang membedakan,” ujar dia.

Kendati demikian, politikus senior itu menghormati keputusan partai politik yang menolak sistem pemilu proporsional tertutup pada tahun 2024 mendatang. 

Halaman Selanjutnya

“Tapi pertemuan yang ada di hotel Dharmawangsa ya itu kita hormati sebagai bagian dalam tradisi demokrasi kita,” kata Hasto.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.