Tidak Logis, Negeri Ini Sedang Dangerous

by -401 Views
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Selasa, 21 Februari 2023 – 19:00 WIB

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyoroti soal gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) soal sistem pemilu tertutup. Jika gugatan tersebut berhasil dikabulkan MK, maka ia khawatir akan menimbulkan stagnasi politik.

“Akan ada stagnasi-stagnasi politik di mana persiapan berubah. Saya menganggap kalau itu terjadi akan mengancam pelaksanaan pemilu,” kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa 21 Februari 2023.

Menurutnya, perubahan sistem pemilu saat ini terkesan tidak adil. Dia menekankan, perubahan sistem pemilu dari terbuka menjadi tertutup atas nama perbaikan seharusnya mulai berlaku 5 tahun yang akan datang. Dengan demikian, semua pihak termasuk parpol sudah menyiapkan diri.

“Hendaknya ketika mengakhiri pemilu sehingga ada persiapan 5 tahun untuk semua komponen pemilu menyiapkan diri. KPU, parpol, masyarakat, pemilih, caleg, capres, semuanya harus menyiapkan diri setahun sebelum pemilu,” jelas eks Menteri Tenaga Kerja tersebut.

Kemudian, dia juga menyampaikan putusan MK soal Pemilu terbuka atau tertutup masih jadi misteri. Menurut dia, efek itu menimbulkan kekhawatiran bagi parpol yang menginginkan sistem pemilu terbuka. Pasalnya, sebentar lagi MK bakal memberikan keputusan atas gugatan tersebut.

“Bayangkan kalau besok keputusan MK pemilihan umum bersifat tertutup, tidak logis. Tanpa mendahului keputusan MK kalau itu terjadi, kita tidak tahu. Sampai detik ini kita tidak tahu, 3 hari lagi akan ada Keputusan MK dan kalau itu keputusan MK itu bersifat tertutup, tidak tahu kita,” kata dia.

Halaman Selanjutnya

Cak Imin bilang jika sampai MK mengabulkan gugatan Pemilu 2024 akan tertutup maka mengindikasikan kondisi politik Indonesia sedang genting. 

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.