Simulasi Tiga Capres, Prabowo Teratas Kalahkan Ganjar dan Anies

by -99 Views
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat di KPU.

Senin, 10 April 2023 – 00:00 WIB

VIVA Politik – Hasil jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia (LSI) melaporkan temuan terbarunya terkait elektabilitas sejumlah figur bakal capres 2024. Dari temuan simulasi tiga nama capres, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan teratas.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menilai dalam simulasi tiga nama, Prabowo ada di posisi pertama dengan perolehan 30,3 persen. Menteri Pertahanan RI itu mampu unggul dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang meraih elektabilitas 26,9 persen dan eks Gubernur Jakarta Anies Baswedan dengan 25,3 persen.

“Untuk pertama kalinya sejak setahun terakhir, Prabowo Subianto kembali jadi nomor satu,” kata Djayadi, dalam paparan hasil survei secara daring, Minggu, 9 April 2023.

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei

Menurut dia, ketiga nama capres kini masih bersaing dalam bursa elektabilitas. Namun, dalam survei terbaru ini, elektabilitas Ganjar mengalami penurunan dibandingkan survei sebelumnya. 

Dia menyebut data simulasi tiga capres pada Februari, elektabilitas Ganjar dapat 35 persen. Tapi, pada April, Ganjar anjlok 8 persen sehinga menjadi 26,9 persen.

“Yang menarik ini adalah tren penurunan yang cukup signifikan dari Ganjar Pranowo. Sementara Prabowo dan Anies cenderung mengalami penguatan dan cenderung stabil,” jelas Djayadi.

Halaman Selanjutnya

Djayadi bilang, dalam survei kali ini, elektabilitas Prabowo meningkat 3,6 persen. “Dari (sebelumnya) 26,7 persen sekarang 30,3 persen,’ tutur Djayadi.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.