Pengamat Sebut Jika Ada Reshuffle Kabinet Sekarang Lebih Karena Faktor Politis

by -3411 Views
Ilustrasi jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Rabu, 28 Desember 2022 – 09:54 WIB

VIVA Politik – Isu reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo, semakin berhembus kencang. Presiden mengaku ada peluang untuk merombak jajaran kabinetnya, walau tidak disebut kapan waktunya.

Mengenai reshuffle ini, pengamat politik Ujang Komarudin, melihat jika memang benar-benar reshuffle dilakukan dalam waktu dekat, unsur politis lebih terlihat dibanding soal kinerja menteri.

Politis lantaran beberapa waktu ini, hubungan Nasdem dengan pemerintahan Jokowi, sedang tidak baik. Setelah Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal Capres 2024.

“Lebih pada faktor politis,” kata Ujang, saat dikonfirmasi, Selasa 27 Desember 2022.

Di dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, ada 3 menteri yang diisi oleh kader Partai Nasdem. Mereka adalah Menkominfo Johnny G Plate, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Menurutnya, reshuffle kabinet bisa saja juga diperkuat dengan desakan dari partai-partai. Terutama seperti yang berada di luar parlemen yang mendukung pemerintahan Presiden Jokowi.

Di kabinet, partai-partai pendukung Jokowi di luar parlemen mendapatkan pos sebagai wakil menteri. Seperti Wakil Menteri Parekraf dari Perindo, Wakil Menteri ATR dari PSI, dan Wakil Menteri Tenaga Kerja dari PBB.

Halaman Selanjutnya

“Kalau Perindo dapat menteri, mestinya PBB (Partai Bulan Bintang) dan PSI dapat menteri, itu koalisi Jokowi di non parlemen,” katanya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.