Para Kandidat Capres 2024 Diminta Harus Punya Komitmen Rawat Kebhinekaan

by -2609 Views
Penghitungan surat suara Pemilu 2019 (Foto ilustrasi).

Minggu, 20 November 2022 – 14:42 WIB

VIVA Politik – Para kandidat calon presiden untuk Pilpres 2024 dinilai harus mempunyai komitmen untuk menjaga NKRI dan merawat kebhinekaan. Komitmen ini penting untuk memastikan tidak adanya kandidat capres 2024 yang menggunakan politik identitas atau politisasi agama untuk mendapatkan keuntungan elektoral semata.

Demikian disampaikan Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Petrus Selestinus. Menurut dia, penting memilih figur capres yang punya komitmen menjaga NKRI.

“Capres 2024 haruslah capres yang memiliki komitmen tinggi dalam menjaga NKRI, merawat kebhinekaan, menjaga integrasi nasional dan yang mampu melanjutkan program pembanguan Presiden Jokowi,” ujar Petrus, dalam keterangannya, Minggu, 20 November 2022.

Menurut dia, komitmen ini penting karena ancaman gerakan yang mengarah radikalisme dan intoleransi sudah nyata di Indonesia. Bahkan, kata dia, sempat berpeluang merusak keutuhan NKRI dengan memanfaatkan momentum Pilkada DKI Jakarta dan Pilpres 2019.

“Ini yang perlu disadari para kandidat capres 2024 bahwa kelompok radikal dan intoleran akan memanfaatkan setiap momentum politik untuk masuk ke kekuasaan,” ujarnya.

Ilustrasi Petugas PPS mengambil logistik Pemilu 2019 saat didistribusikan ke TPS-TPS di Distrik Wesaput Wamena, Jayawijaya, Papua

Ilustrasi Petugas PPS mengambil logistik Pemilu 2019 saat didistribusikan ke TPS-TPS di Distrik Wesaput Wamena, Jayawijaya, Papua

Photo :

  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Dia bilang, selain kandidat capres, partai politik juga harus memastikan tidak mengusung kandidat capres yang rendah komitmen kebangsaan dan kebhinekaannya. Menurut Petrus, peran parpol sangat penting karena merekalah  akan menentukan pasangan capres-cawapres yang akan diusung di Pilpres 2024.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.