Nasdem di Bawah Ambang Batas meski Paling Awal Deklarasi Anies Baswedan

by -462 Views
Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem

Senin, 10 April 2023 – 12:46 WIB

VIVA Politik – Temuan survei Voxpopuli Research Center menunjukkan elektabilitas Gerindra yang mengalami kenaikan dari 13,5 persen pada Januari 2023 menjadi sebesar 15,2 persen pada April 2023.

“Gerindra mengalami kenaikan elektabilitas seiring dengan naiknya elektabilitas Prabowo Subianto,” ucap peneliti senior Voxpopuli Research Center Prijo Wasono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, 10 April 2023.

Dalam dinamika terbaru, kata dia, Prabowo berpeluang memimpin koalisi besar yang menggabungkan partai-partai pendukung pemerintah. Gerindra membentuk koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR), sedangkan Golkar memimpin Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem

Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem

Usai silaturahmi di awal April 2023, partai-partai yang tergabung dalam KIR dan KIB menggulirkan gagasan untuk bersatu dalam sebuah koalisi besar. “Merger KIR dan KIB ke dalam koalisi besar juga memberi kekuatan baru bagi Golkar,” kata Prijo.

PDI Perjuangan masih menempati urutan teratas dengan elektabilitas sebesar 16,7 persen. Urutan ketiga, setelah Gerindra, Golkar yang sebelumnya sempat terkoreksi kini naik elektabilitasnya menjadi 8,8 persen.

Halaman Selanjutnya

Sejumlah partai lain juga berencana turut bergabung ke dalam koalisi besar, di antaranya Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Partai ini juga mengalami peningkatan elektabilitas dari 5,5 persen pada bulan Januari 2023, menjadi 5,7 persen pada bulan April 2023.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.