Legislator PKS Sebut Banyak Pekerja Migran yang ke Luar Negeri Tinggalkan Keluarga yang Rentan

by -249 Views
Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani

Senin, 19 Desember 2022 – 11:59 WIB

VIVA Politik – Pemerintah harus lebih sigap lagi membela hak-hak pekerja migran Indonesia (PMI), kata Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher merespons peringatan Hari Migran Internasional.

“Para PMI ini adalah pahlawan yang menyumbang devisa kurang lebih Rp159,6 triliun per tahun. Pastikan hak-hak PMI ditunaikan serta keamanan mereka sebelum dan sesudah bekerja hingga tiba di Tanah Air, ” kata Netty dalam keterangannya, Senin, 19 Desember 2022.

Netty juga mendorong pemerintah memperluas pelindungan terhadap PMI dengan peningkatan keterampilan bahasa dan sebagainya. Begitu juga jaminan sosial seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan lain-lain.

Bea Cukai beri pelayanan optimal kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Bea Cukai beri pelayanan optimal kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Pemerintah melalui BP2MI, kata politikus PKS itu, juga harus merealisasikan komitmen untuk menghapus sindikat penyaluran PMI nonprosedural. “Jangan lagi ada warga negara yang tertipu dengan iming-iming tapi justru keselamatannya terancam,” ujarnya.

Pemerintah diharap dapat memaksimalkan program penanganan pasca PMI pulang ke Indonesia. Ia berharap program tersebut dapat membuat PMI tetap bisa produktif dan mampu menggerakkan ekonomi keluarga.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.