Gerindra Siap Patuhi Apapun Putusan MK Terkait Sistem Pemilu 2024

by -155 Views
Wakil Ketua DPR dan juga Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad

Selasa, 3 Januari 2023 – 15:52 WIB

VIVA Politik – Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, partainya mengikuti apapun keputusan Mahakam Konstitusi (MK) mengenai mekanisme pemilihan legislatif. Baik proposional terbuka maupun sistem proposional tertutup.

“Ya, tentunya kalau sudah diputuskan MK ya kami siap, kami ikuti,” kata Dasco di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 3 Januari 2023.

Pemilu/Ilustrasi

Pemilu/Ilustrasi

Photo :

  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Kendati begitu, Dasco menilai bahwa sistem proposional terbuka mengedepankan asas keadilan dan pemerataan. Apalagi, terang dia, banyak partai baru yang mengikuti kontestasi Pemilu 2024.

“Dan lebih dari itu, kami juga memberikan kesempatan kepada kader-kader partai itu untuk lebih giat melakukan sosialisasi, kampanye, apabila dilakukan itu dalam proporsional terbuka,” ujarnya.

Ketua KPU Hasyim As’yari sebelumnya menyebut adanya kemungkinan Pileg 2024 kembali memakai sistem proporsional tertutup. Hal itu seiring banyak yang menggugat aturan proporsional tersebuka ke Mahakah Konstitusi (MK). Sontak pernyataan Hasyim menuai pro-kontra.

Menurut Dasco, apa yang disampaikan Hasyim bukan pernyataan liar, tapi merupakan sebuah peringatan. Sebab, saat ini UU Kepemiluan tengah digugat di MK.

Halaman Selanjutnya

“Ketua KPU menyampaikan bahwa ada kemungkinan ini proporsional tertutup. Karena kan ada kemungkinan MK memutuskan. Jadi, itu bukanla statmen liar dari KPU tetapi itu warning. Bahwa ini ada kemungkinan begini loh, menginformasikan kepada masyarakat luas dan parpol,” kata Wakil Ketua DPR tersebut.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.